Bahaya Lampu Akuarium bagi Ikan

akuariumMemiliki akuarium di rumah memang dapat dijadikan “hiasan hidup”. Bukan hanya mempercantik suasan rumah, keberadaan akuarium juga dapat membuat penghuni rumah merasa nyaman.

Akuarium, seperti yang kita tahu, dapat dibuat dalam berbagai ukuran. Maka dari itu, akuarium cocok diletakkan di luar maupun dalam rumah. Mulai dari rumah urban hanya sebesar studio, sampai rumah yang luar biasa besarnya.

Namun, tahukah Anda, lampu yang biasa digunakan untuk menambah keindahan akuarium Anda tersebut justeru dapat “menyakiti” ikan-ikan peliharaan di dalamnya? Berikut ini beberapa langkah dapat Anda ikuti untuk menjaga ikan-ikan Anda dari bahaya paparan cahaya lampu tersebut:

Jangka waktu

Dalam akuarium berukuran normal, Anda dapat meninggalkan lampu akuarium menyala sampai 8 atau 10 jam. Lebih dari itu, cahaya lampu akan membahayakan ikan. Selain itu, lampu membuat air menjadi panas dan tidak dapat ditinggali oleh ikan.

Tanaman akuarium

Jika Anda memiliki tanaman hidup di dalam akuarium, jangka waktu lampu menyala di dalamnya akuarium dapat bertambah sampai 12 jam (setengah hari). Lampu yang menyala justru dibutuhkan oleh tanaman di akuarium untuk berfotosintesis.

Jenis ikan

Beberapa jenis ikan di akuarium tidak menyukai lampu. Jika Anda memiliki jenis ikan tetra atau chichids, maka batasilah penggunaan lampu di akuarium.

Ukuran akuarium

Gunakan perbandingan wajar antara besarnya akuarium dan lampu yang Anda gunakan. Jangan sampai Anda menggunakan lampu 100 watt untuk akuarium kecil. Ingat, bahwa lampu yang panas dapat memanaskan air dan menyebabkan evaporasi. Air yang menguap akan membuat Anda harus selalu sigap menambah air di akuarium.

Siklus siang-malam

Bukan hanya manusia yang membutuhkan siklus ini, ikan pun membutuhkannya. Untuk itu, pastikan Anda mematikan dan menyalakan lampu sesuai siklus hari. Seekor ikan mas koki, misalnya, lebih aktif pada siang hari ketimbang di malam hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s